Tuesday, July 27, 2010

Data Card LTE 'akan marak' Pasar di Tahun 2011

Data Card LTE 'Banjiri' Pasar di Tahun 2011
gatab - Salah satu kendala untuk menggelar teknologi jaringan LTE adalah keterbatasan dukungan perangkat seperti datacard (Dongle). Tapi, kemungkinan besar perangkat-perangkat pendukung teknologi LTE akan marak di pasar pada pertengahan 2011.

"Akhir tahun ini kami akan mengeluarkan chipset LTE, dan banyak vendor-vendor yang akan membuat perangkat-perangkat pendukung LTE, khususnya data card, umumnya produk tersebut muncul setelah enam sampai tujuh bulan sejak kami meluncurkan chipset yang akan digunakan vendor," kata Harry K. Nugraha, Senior Director and Country Manager Qualcomm Indonesia, saat berbincang dengan sejumlah wartawan di Penang Bistro, Kebon sirih, Jakarta, Selasa (27/7/2010).

Qualcomm saat ini memiliki tiga chipset yang mendukung teknologi LTE, yakni MDM9200, MDM 9600 dan MSM 8960.
"Kami telah mengembangkannya sejak November 2010, dan akhir tahun ini kami akan resmi mengeluarkan chipset tersebut," tambah Harry.

LTE dinilai sebagai siklus terakhir pengembangan teknologi data seluler dengan standar IEEE 802.20 sekaligus teknologi lanjutan pita lebar yang dapat digunakan untuk aplikasi data layanan bergerak dengan waktu respons yang lebih cepat dengan kecepatan puncak unduh data mencapai 173 mega bit per second (Mbps).

Dikatakan Harry, perangkat-perangkat yang akan mendukung LTE pertama kali kebanyakan adalah Data Card dan bukan handset-handset seperti ponsel. Sebab kebanyakan teknologi LTE lebih banyak digunakan untuk aplikasi-aplkasi berat dan tentu saja kebanyakan aplikasi tersebut merupakan aplikasi untuk laptop.

Sementara itu, ketika ditanya tentang kesiapan penggelaran jaringan LTE di Indonesia Harry menyebutkan masih banyak tantangan yang harus disiapkan. Terutama masalah spektrum frekuensi. Indonesia belum menentukan di mana pita frekuensi yang akan dipakai, dan berapa besar yang dibutuhkan. (srn)

KLIK AJA DISINI KALAU INGIN MENJELAJAHI PLANET MARS

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails